Monday, April 20, 2009

Tampilkan diri anda cukup menawan

Bila anda mendapat panggilan temuduga kerja kali pertama maka anda harus pastikan penampilan yang cukup memukau. Kesan pertama itu penting. Jika kesan yang ditimbulkan pertama kali sudah baik maka anda boleh berharap hubungan yang lebih baik pada waktu selanjutnya. Sebaliknya, sekali terlihat tidak bagus pada pertemuan pertama, sulit untuk mengharapkan hubungan yang lebih baik.

Dalam hal ini penampilan luar akan memberi kesan pertama pada penilaian diri anda. Secara keseluruhan anda harus tampil menarik dan profesional. Bila dari penampilan saja anda sudah tidak menarik maka orang akan malas melihat apalagi berbicara dengan anda.

Ada beberapa hal penting yang harus anda perhatikan dalam penampilan saat anda ingin datang untuk temuduga pekerjaan.

  1. Kenakanlah pakaian yang bersih dan rapi. Jangan gunakan baju tanpa kancing lalu anda tutupi dengan bros. Sebaiknya kenakanlah kemeja berpotongan longgar bermodel feminin dan cukup panjang sehingga pakaian dalam tidak 'mengintip sewaktu anda duduk.
  2. Pakai kasut dengan bagian depan yang tertutup. Anda boleh kenakan kasut dengan hak tidak lebih dari 5 cm. Tetapi anda jangan memakai kasut model boot, metal,kasut sandal apalagi hanya menggunakan sandal. Sebaiknya bersihkan terlebih dahulu kasut anda sebelum memasuki bilik temuduga dan jangan biarkan kasut anda terlihat kotor atau kusam. Jika anda mengenakan rok, pakai saja stocking transparan untuk mempercantik penampilan anda.
  3. Sisir rambut anda dengan rapi, sesuaikan model dan warna rambut yang wajar. Jangan mengecat rambut dengan warna-warna yang terang di saat tampil temuduga. Jangan biarkan rambut menutupi sebagian wajah anda. Kenakan wangian beraroma lembut namun tidak menyengat. Parfum dengan bau yang berlebihan hanya akan mengganggu orang-orang yang anda jumpai.
  4. Pastikan bahwa wajah anda sudah bersih dari kotoran mata atau sisa makanan yang menyelip di gigi anda. Sebelum anda masuk ke dalam menemui penemuduga sebaiknya anda ke toilet terlebih dahulu untuk memperbaiki make up dan penampilan anda. Kenakanlah makeup dengan warna-warna lembut dan natural. Jangan terlalu tebal karena tidak sesuai untuk penampilan wawancara pekerjaan.
  5. Kenakan aksesoris yang tidak terlalu banyak karena mengingat sifatnya sebagai pelengkap yang tidak mengganggu seperti subang yang kecil dan jam tangan. Pastikan kuku-kuku tangan sudah bersih dan pendek. Jangan sampai kuku terlihat panjang, hitam dan kotor. Karena hal kecil ini akan mempengaruhi penampilan anda secara keseluruhan. Jika pakai kuteks, hindarilah warna-warna menyolok seperti ungu, merah tua, biru tua atau hitam. Sebaliknya pilihlah cat kuku berwarna lembut seperti coklat muda atau warna bening.
  6. Penampilan memang memberi nilai tersendiri pada saat anda temuduga pekerjaan. Tetapi tentu saja harus didukung oleh 'inner beauty' Anda. Sopan santun dan tata krama ketika berhadapan dengan orang lain menjadi hal mutlak yang harus anda perhatikan dalam temuduga kerja. Satu lagi yang tidak kurang penting adalah kepintaran anda dalam berpikir. Jadi penampilan fisik yang prima juga harus didukung dengan pengetahuan yang luas.

0 comments:

car seats shop online for childs car seats at low internet prices and fast home delivery service - babyaccessorize.com

  © Blogger templates The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP